Membentuk Pendidik Sebaya Melalui Pelatihan Peer Educator

Tangerang, 19 September 2025 - Madrasah Aliyah (MA) Al-Ikhwaniyah turut serta dalam program Peer Educator yang diselenggarakan oleh Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Kementerian Agama Republik Indonesia (KEMENAG RI). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 17 hingga 19 September 2025, ini diadakan di Nemuru Hotel Grand Serpong, Kota Tangerang.

Pelatihan ini bertujuan untuk melahirkan pendidik sebaya yang kompeten, yaitu para remaja yang dipersiapkan untuk menjadi mentor dan agen perubahan positif bagi teman-teman mereka sendiri. Sebanyak 20 siswa MA Al-Ikhwaniyah—terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan—terpilih sebagai perwakilan sekolah untuk mengikuti kegiatan ini bersama dengan dua sekolah lainnya.

Dalam pelatihan ini, para peserta mendapatkan berbagai materi penting, mulai dari cara berkomunikasi yang efektif, strategi penyelesaian masalah, hingga bimbingan konseling sebaya. Mereka juga diajarkan bagaimana merancang dan menyampaikan materi edukasi yang menarik dan mudah dipahami oleh teman-teman mereka. Dengan pendekatan yang interaktif dan partisipatif, para siswa dilatih untuk menjadi pendengar yang baik dan fasilitator yang andal.

Kepala MA Al-Ikhwaniyah, Bapak Ahmad Abda Zaronja, S.Pd.I, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif ini. “Kami sangat mengapresiasi program Peer Educator ini. Ini adalah kesempatan emas bagi siswa kami untuk tidak hanya mengembangkan diri, tetapi juga berkontribusi nyata bagi lingkungan sekolah. Kami berharap mereka bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi siswa lainnya,” ujarnya.

Setelah pelatihan, para siswa yang telah dibekali ilmu dan keterampilan ini diharapkan dapat mengaplikasikannya di lingkungan sekolah. Mereka akan menjadi garda terdepan dalam membantu teman-teman yang menghadapi masalah, menyebarkan informasi positif, serta menjadi figur yang dapat dipercaya dan menjadi tempat curhat bagi teman sebaya mereka.

Partisipasi dalam program ini menjadi bukti komitmen MA Al-Ikhwaniyah dalam menciptakan lingkungan sekolah yang suportif dan edukatif, di mana setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang dan membantu sesama.